Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Pemahaman Lingkup Literasi Beserta Cerita Reflektif

Modulajar.net - Jawaban Latihan Pemahaman Lingkup Literasi Beserta Cerita Reflektif, Modul dan Topik Terbaru 2023 – Hai rekan-rekan guru, untuk menjawab update soal Pelatihan Mandiri PMM, kali ini kami akan membagikan materi mengenai jawaban latihan pemahaman materi Lingkup Literasi yang terdapat pada Modul Membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap, Topik Penguatan Transisi PAUD-SD 2 : Melalui Pembelajaran


Perlu diketahui bahwa materi ini adalah materi terbaru di tahun 2023. Dan modul ini adalah modul ketiga atau lanjutan dari dua modul yang terdapat pada topik Penguatan Transisi PAUD-SD 1 : Di Awal Tahun Ajaran Baru.



Jawaban yang Kami bagikan tidak semuanya merupakan jawaban mutlak, hanya pada jenis soal pilihan ganda saja. Untuk jawaban cerita reflektif bersifat alternatif, namun tetap mengacu pada materi yang disajikan melalui modul dalam platform PMM. Jadi, rekan-rekan guru dapat mengisi jawaban pada kolom cerita reflektif dengan jawaban dari versi kami, versi Anda sendiri, maupun versi lainnya. Yuk, langsung saja kita simak seluruh soal dan jawaban latihan pemahaman pada modul ini.


Jawaban Latihan Pemahaman Lingkup Literasi


1. Ketika anak mendengar sebuah kata, memerhatikan mimik dan gestur lawan bicara, menandakan bahwa anak sedang menggunakan kemampuan bahasa ?


a. Bahasa Penginderaan

b. Bahasa Reseptif

c. Bahasa Produktif

d. Bahasa Ekspresif


2. Kemampuan anak dalam memahami dunia sekitarnya, termasuk komponen literasi .....


a. Kemampuan bertutur

b. Kosakata

c. Kesadaran fonemik

d. Pengetahuan latar


3. Cakupan literasi yang paling banyak dilakukan di PAUD dan SD adalah keaksaraan, apa yang dimaksud dengan keaksaraan ?


a. Kemampuan anak menghubungkan huruf dan bunyi

b. Kemampuan anak menyadari makna dibalik simbol

c. Kemampuan anak memahami bahasa lisan ke bahasa teks

d. Kemampuan bertutur

 

Cerita Reflektif Lingkup Literasi


Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.


Jawaban: Setelah mempelajari materi ini, saya menjadi paham tentang cakupan literasi pada anak usia dini. Cakupan literasi anak usia dini (AUD) terdiri dari 3 komponen, yakni 1) kemampuan bertutur, 2) pengetahuan latar, dan 3) kosakata.


Membanguan kemampuan bertutur dimulai dari pengindraan, dilanjutnkan dengan melatih anak membangun kemampuan bahasa reseptif. Dan diakhiri dengan melatih anak mengasah kemampuan bahasa ekspresif.


Selanjutnya, pengetahuan Latar diperlukan bagi anak untuk memahami teks dan konteks. Latar budaya bisa berupa kebiasaan, perayaan dan hal-hal yang dibiasakan pada keluarga dan masyarakat.


Dan komponen terakhir adalah kosakata. Dalam menambah Kosa kata pada peserta didik bisa dilatih dengan memperkenalkan anak pada kosakata baru dari benda-benda atau sesuatu yang dekat dan familiar dengan peserta didik.


Selesai sudah Anda dalam mengerjakan soal dan Jawaban Latihan Pemahaman Lingkup Literasi yang terdapat pada Modul Membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap, Topik Terbaru 2023. Setelah ini Anda bisa mengerjakan soal latihan pemahaman beserta cerita reflektifnya lainnya dengan mengklik link atau tautan yang ada di bawah ini. Oke, sekian informasi kali ini yang dapat kami bagikan. Semoga artikel ini dapat menjawab kebutuhan Anda semua. Dan jika terdapat kekurangan, silahkan Anda dapat memberikan kritik dan saran di kolom komentar. Terima kasih.